Sidang Promosi Doktor

5 Januari 2018, salah satu milestone kehidupan berhasil saya lewati. Hari ini akan selalu terkenang sebagai hari dimana saya mencapai puncak tertinggi pendidikan formal, yaitu secara resmi menyandang gelar doktor. Gelar ini saya peroleh dari Program Studi Doktor Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Institut Teknologi Bandung (STEI -ITB). Perjuangan selama 5 tahun (lebih 6 bulan), akhirnya terbayar tuntas. Banyak suka dan duka, termasuk kadang pede kadang galau, kadang males kadang rajin, kadang semangat kadang bosan, kadang lancar kadang buntu dan lain sebagainya. Intinya banyak sekali pelajaran berharga (akademis maupun non akademis) yang menempa saya menjadi lebih dewasa. Banyak hal yang saya kira saya tahu banyak, ternyata saya ga tahu apa apa. Suatu pengalaman yang membuat kita menjadi lebih “humble” dalam menyikapi masalah.

Terima kasih sebesar besarnya tentunya kepada ko promotor saya pak Budi Rahardjo yang pertama kali mengijinkan saya untuk melakukan penelitian disertasi bersama beliau pada tahun 2012, sekaligus mendiskusikan topik yang sesuai dengan minat saya mengenai jejaring sosial, sebagai info sebetulnya keahlian beliau di bidang security, tapi karena pengetahuan yang luas jadinya beliau bersedia membimbing pada topik saya. Terima kasih juga kepada promotor saya Prof. Kuspriyanto yang banyak memberikan masukan (dan tentunya wejangan) mengenai hal akademik maupun non akademik. Salah satu teori inti saya mengenai graf, kebetulan ko promotor saya pak Yoga Priyana cukup mumpuni di bidang ini, sehingga banyak memberikan masukan dadn tantangan yang sangat berharga mengenai metode yang saya ajukan. Saya sangat berterima kasih kepada beliau bertiga (tim pembimbing: promotor dan 2 ko promotor).

Disertasi saya berjudul “Strategi Pembentukan Sampel Graf Pada Jejaring Sosial Skala Besar untuk Reduksi Proses Perhitungan Betweenness Centrality”. Judul ini berkaitan dengan topik model jejaring sosial (Social Network Analysis), Metrik Centrality, Big Data, dan Kompresi / Reduksi Graf. Disertasi saya memberikan solusi bagaimana ekstraksi pengetahuan dari data jejaring sosial yang berukuran sangat besar (skala jutaan aktor), sehingga bisa mendukung kebutuhan informasi secara cepat (real-time). Banyak kebutuhan  akan metode alternatif atau pelengkap riset/industri untuk mengukur perilaku manusia yang biasanya menggunakan metode wawancara atau kuesioner, dimana kedua metode tersebut tidak cepat dan tidak murah. Topik disertasi saya garis besarnya menawarkan cara cepat dan murah memenuhi kebutuhan tersebut.

Akhir satu perjalanan, sekarang waktunya memulai perjalanan lainnya, perjalanan untuk berkarya …

Berikut ini beberapa dokumentasi sidang promosi doktor saya pada tanggal 5 januari 2018.

IMG 4515

bersama supporter utama

IMG 4453

bersama Pak Budi Rahardjo (Ko Promotor)

IMG 4452

bersama ketua sidang, dekan SPS, tim pembimbing, dan tim penguji sidang buka

video saat pengumuman yudisium 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s