Menjadi Juri “Indonesia Best eMark Award 2018”

Sudah agak lama rupanya saya tidak update isi blog ini, masalah klasik kesibukan dan lain sebagainya berakibat sulitnya mencari waktu luang untuk ngeblog. Memang menulis itu tidak mudah, apalagi menulis blog yah, padahal post foto di instagram dan post status di twitter / facebook jalan terus lho. Baiklah, saya update aktivitas terakhir yang menurut saya sangat meningkatkan pengetahuan diri, terutama dalam hal pemahaman kemampuan perusahaan di Indonesia dalam implementasi TIK untuk mencapai tujuan bisnisnya. Saya diminta untuk menjadi juri dalam acara penghargaan Indonesia Best eMark Award 2018 yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan Telkom University. Penghargaan ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2015. Tapi baru tahun ke 4 ini (2018), saya bergabung menjadi juri.

Acara penghargaan ini diikuti oleh banyak perusahaan terkemuka di Indonesia, mulai dari sektor perbankan dan keuangan, BUMN, asuransi, kesehatan, otomotif, ekspedisi, startup teknologi, kuliner, dan lain lainnya. Hal utama yang dinilai adalah kemampuan perusahaan bertransformasi dengan memanfaatkan TIK. Terdapat 3 faktor utama yang dinilai yaitu Success Strategy, ICT Governance, dan Business Impact. Dalam penjurian ini kami para juri menilai sekitar 26 perusahaan.

Implementasi TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan pun bermacam macam. Ada yang menggunakan solusi kompleks seperti implementasi sistem ERP, mengumpulkan data media sosial untuk mendengarkan suara publik, ada yang menggunakan solusi sensor murah, sampai solusi sederhana hanya menggunakan website atau media sosial untuk promosi. Tidak harus solusi yang lebih kompleks akan menjadi lebih baik, penilaian lebih didasarkan kepada apakah solusi TIK yang dilakukan mempunyai Business Impact yang bagus.

Buat saya pribadi keterlibatan dalam acara ini memberikan pengalaman yang sangat berharga , dalam satu kegiatan saya bisa melihat bagaimana pemahaman TIK di kalangan organisasi bisnis, bagaimana variasi strategi implementasi TIK pada berbagai bidang bisnis, bagaimana organisasi bisnis dan para eksekutifnya menjawab tantangan disrupsi ekonomi, dan juga Business Impact sebagai hadiah transformasi yang mereka lakukan.

 
IMG 20180828 075728
IMG 20180828 073546

One thought on “Menjadi Juri “Indonesia Best eMark Award 2018”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s